Minggu, 13 Februari 2011

::: LaGi bElaJaR :::


Dalam buku Guide to the Project Management Body of Knowledge, yang lebih dikenal dengan Abbreviation PMBOK Guide, 2000 Edition (diterbitkan oleh the Project Management Institute, USA), Management Proyek adalah melakukan lima tahapan pekerjaan :
  • Memulai (Initiating),
  • merencanakan (Planning),
  • Mengerjakan (Executing),
  • Mengontrol (Controlling), dan
  • Menutup (Closing),

Semua yang terjadi diproyek adalah penting dan untuk itu perlu dikontrol. Namun mengawasi semua hal-hal kecil akan membuat kita membutuhkan tenaga dan waktu yang besar, yang sering kali kita tidak mempunyai itu semua. Ini berarti kita harus memprioritaskan apa yang harus kita control. Kita harus memutuskan karakteristik apa yang paling penting dari proyek tersebut. Dalam beberapa kasus faktor-faktor ini selalu ada dalam bagian strategi perencanaan proyek kita, meliputi jenis pekerjaan (scope of work), biaya (cost), waktu (time), dan mutu (quality). Bergantung kepada strategi proyek, karakter, dan situasi, prioritas control akan selalu bervariasi dari waktu ke waktu, namun yang selalu akan kita monitor dan awasi adalah urusan biaya dan waktu. Pimpinan Perusahaan yang sering kali tidak mempunyai banyak waktu, akan hanya selalu melihat sebuah laporan secara singkat, seperti pengeluaran biaya (cash flow) yang itu memang merupakan kombinasi dari dua aspek utama, waktu dan biaya. Penyimpangan dari biaya pengeluaran proyek, khususnya jika mengarah ke pengeluaran yang negatif, dapat menyebabkan kualitas proyek menjadi berkurang, seperti kemunduran schedule dari yang direncanakan, serta penundaan pembayaran upah terhadap pekerja. Pekerjaan yang tidak sempurna akan berdampak terhadap upah dan mundurnya jadwal.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Penyimpangan dana atau 'diversion of funds' bukan saja bisa menunda tapi lebih jauh lagi menggagalkan! itu kenapa suatu dalam suatu perusahaan sangat di butuhkan kontrol & sistem manajemen yang baik.

    ps : Pasang radar juga tu bos! kalo ada karyawan yg 'bandel' :D

    BalasHapus
  3. ike: betul-betul... gunakan sistem yg tepat serta terus lakukan kontrol antara rencana dan aktual... sesuai rencanakah?

    # pengalaman yah ada karyawan yg bandel....

    BalasHapus